Rabu, 19 Desember 2007

Dewan Adat Bone Gagas Pengusulan Pahlawan Nasional

WATAMPONE -- Dewan adat Saoraja Bone, menggagas pengusulan salah seorang pejuang Bone sebagai pahlawan nasional. Gagasan pengusulan pahlawan nasional tersebut, direkomendasikan dalam Dialog dan Sosialisasi Budaya di Gedung PGRI Bone, Selasa, 26 Desember kemarin.Ketua Lembaga Adat Saoraja Bone, A Baso Hamid, yang ditemui Fajar kemarin mengungkapkan, gagasan tersebut masih akan dibicarakan lebih lanjut dalam pertemuan lembaga adat Bone.

"Kita masih akan menentukan kriteria dulu, baru menetapkan nama. Untuk nama, kita harus bahas secara mendalam, karena jangan sampai kita usulkan sebuah nama, tapi tidak disepakati yang lain," ujar A Baso Hamid.

Ada beberapa nama yang mengemuka untuk pengusulan nama pahlawan nasional dari Bone, di antaranya, A Mappanyukki Sultan Ibrahim Matinroe ri Gowa, Lapawawoi Karaeng Sigeri, serta Latenritatta Daeng Serang Aru Palakka.

Dalam Dialog dan Sosialisasi Budaya yang dibuka Sekda A Amrullah Amal tersebut, hadir pakar budaya dari Makassar, di antaranya, Prof Dr Abu Hamid (Rektor Universitas 45) dan Anwar Ibrahim (Budayawan Unhas). Juga hadir Murtir Djeddawi dan Firman Batari sebagai moderator.

Selain pengusulan pahlawan nasional, ada beberapa rekomendasi lainnya yang dihasilkan dalam dialog tersebut, di antaranya, pendirian pusat pengkajian budaya, pagelaran seni budaya secara berkala, dan perluasan jaringan lembaga budaya.

0 komentar:


Blogspot Template by Isnaini Dot Com